Pusat Study

Smart, Cleaver, Creative and Spirit

Artikel Teknik

Tinggalkan komentar

METODE ‘KHUSUS’ MENGGUNAKAN BORE GAUGE

Oleh : Achsan M.

Bore Guage dalam dunia otomotif adalah sebuah alat ukur yang digunakan untuk mengukur keausan lubang pada komponen mesin atau blok silinder, pada kenyataannya keausan dinding silinder sebagai tempat bergeraknya piston dari TMA ke TMB untuk melakukan proses atau siklus pembakaran pada motor bakar bisa terjadi karena umur pemakaian mesin ataupun akibat kelalaian dalam pemakaian mesin. Jika blok silinder aus maka kinerja mesin menjadi tidak sempurna gejalanya adalah : akan terjadi kebocoran pada saat langkah kompresi (tekanan kompresi kurang), terbakarnya minyak pelumas mesin pada mesin jenis 4 langkah sehingga mengganggu proses pembakaran bahan bakar dan ditandai dengan asap putih yang keluar pada lubang knalpot serta akan timbul suara ketukan pada mesin (noise) akibat benturan piston dan dinding silinder. Untuk memastikan apakah gejala yang tersebut diatas diakibatkan oleh dinding silinder yang aus, maka kita harus mengukurnya dengan menggunakan bore gauge.

Keausan blok silinder jika kita ukur dengan menggunakan bore gauge dapat berbentuk ketirusan atau keovalan, sehingga ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk mendapatkan data-data tersebut. Pengukuran keausan silinder dengan metode SOP penggunaan alat ukur (bore gauge) yang sudah lazim nampaknya rumit dan tidak praktis, ada metode yang lebih praktis serta tidak rumit dan bisa dibuktikan atau dibandingkan dengan metode SOP (bore gauge) hasil kebenaran pengukurannya tidak akan jauh beda. Metode ini sering digunakan di kalangan mekanik,namun belum pernah diberikan secara formal dalam pendidikan vokasional khususnya jurusan teknik mesin sehingga tidak ada penamaan untuk metode ini dan untuk lebih hematnya kita kasih sebutan metode ‘khusus’ aja. Kelebihan metode ‘khusus’ adalah lebih efisien dalam waktu dan cara perhitungannya lebih mudah jika dibandingkan dengan metode SOP (bore gauge), secara umum tahapan penggunaannya hampir sama dan untuk lebih penasaraanya kita akan bahas langsung setelah tayangan berikut…. Maksudnya berikut ini :

Pertama yang menjadi catatan sebelum mempelajari metode ‘khusus’ adalah sobat atau para pembaca sekalian harus sudah mengetahui nama bagian pada bore gauge, jika pembaca ada yang belum mengetahui maka sepantasnya saya sambil lalu akan menjelaskan tahapan metode ‘khusus’ ini disertai dengan gambarnya, gitu lochh..

Penulis: Achsan_M

Halooo....lem kenal semua,,Achsan panggilanku,mencoba untuk membagi ilmu, sharing ilmu, dan mendapatkan tambahan ilmu tentunya..semoga postingku bisa bermanfaat dan bisa membuat temen-temen semua menjadi manusia yang produktif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s