Pusat Study

Smart, Cleaver, Creative and Spirit

CIMG3586

LKS SMK SE-DIY

Tinggalkan komentar

Senin pagi yang begitu tidak semangat buat melakukan aktivitas, rasa capek, kantuk, lelah begitu mendera sekujur tubuhku. Karena hampir 4 hari sebelumnya tenaga ini terkuras buat melatih, membimbing dan mendampingi siswa faforitku buat mengahadapi LKS SMK se DIY di kamus tercintaku dulu Universitas Negeri Yogyakarta. Mulai dari Hari Kamis dan Jumat (1/2 Nopember 2012), siswa kita Anggit panggilannya kita latih buat terakhir kalinya supaya nantinya siap tanding pada lomba hari Sabtu dan Minggu 3/4 Nop 2012.

Inilah beban yg terasa cukup berat buatku tahun ini, diberikan amanat sebagai pendamping LKS  mata lomba Otomotive Technology mewakili SMK Muh 3 Yogyakarta. Dari persiapan selama 2 minggu lebih mendampingi dan dibantu oleh guru-guru TKR SMK Muh3 YK rasanya belum cukup untuk melatihnya karena tiap siswa harus menyelesaikan beberapa tahapan test praktik yang semuanya berjumlah 6 kompetensi keahlian. Meliputi : Mekanika mesin, EFI engine tune up, Transmisi dan rem, elektrical body serta sistem pengisian pada mobil, 6 kompetensi itupun menggunakan media dan engine yg berlainan sehingga mau tidak kita harus menyediakan semua media yg dibutuhkan untuk lomba itu nantinya. Tak tanggung-tanggung  menyewa 2 buah mobil karena jurusan kita belum punya media tersebut sesuai kisi-kisi ujian yg disediakan pihak panitia lomba UNY.

Akhirya hari yang dinanti sudah dihadapan mata Sabtu Pagi 3/11/2012 tepan 6.30 rombongan peserta lomba dari SMK Muh 3 YK berangkat menuju lokasi di UNY, semua jurusan yang ada di SMK Muh 3 turut berpartisipasi buat menyumbangkan yg terbaik bagi SMK Muh 3 diajang LKS ini, mulai dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan, Komputer Jaringan, Listrik, Mesin Produksi, Banguan dan Audio Video berangkat bersama dikomandoi oleh Drs. Joko Sutrisno selaku Waka 3 (kesiswaan).

Pagi yang cukup cerah untuk bertanding, Fakultas Teknik UNY begitu meriah hari itu. Stand-stand fakultas dan sponsor sudah berdiri seakan menyambut para peserta lomba, band-band mahasiswa dan acara show digelar ditengah suasana kompetisi yang cukup ketat. Acara pengambilan undian peserta pun telah terlewati, Anggit yg mewakili Teknik Kendaraan Ringan mendapat no 36, artinya dia harus menyelsaikan lomba selama 2 hari, Sabtu dan Minggu sesuai jadwal ujian.

HAri Sabtu Anggit tanding 2 mata uji lomba, cukup sulit materinya elektrical body dan sistem pengisian yg belum sempat kita pelajari secara mendatail sebelumnya.”Gak apalah nggit ntar kita cari point mata uji yg lain” buat memperbaiki peringkat sindirku. Diluar susana kompetisi lomba, LKS tahun ini Jurusan Otomotif UNY makin meriah dalam menggelar LKS, sponsor perusahaan otomotif ternama turut memeriahkannya mulai dari Nasmoco TOYOTA sampai TOP 1 Oil memberikan promosi sekaligus fasilitas berupa 1 paket alat tulis dan baju buat peserta dan pendamping.(bounuslaaah buat yg bimbing hehehe…..).

Hari pertama selesai jam 2.00 siang, besok minggu pagi tanding lagi karena baru 2 putaran peringkatnya masih rendah, dan semoga target kita tahun ini 20 besar tercapai, karena untuk jurusan otomotif adalah jurusan yg paling banyak pesertanya dan tahun ini kurang lebih mecapai 56 peserta dari sekolah kejuruan yg ada di DIY.

Sehari berlalu begitu cepat tak terasa sisa waktu hari sabtu yg kita gunakan untuk mencoba melatih Anggit sampai malem minggu begitu cepat, secepat rasa capek yg kita alami seharian namun cukuplah untuk membuat besoknya tenang.

Dan tibalah waktu terakhir lomba, Minggu 4 Nopember 2012 jam 9.30 Anggit sudah menyelasaikan tahap lomba yg ketiga dan keempat yiaitu bidang chasis, alhamdulilah peringkat 8 cukup melagakan.. namun masih senam jantung karena skor sewaktu-waktu berubah dari tiap pertandingan yg ditayangkan langsung lewat proyektor. Ternyata memang benar adanya baru beberapa jam berlalu posisi Anggit bergeser ke peringkat 14 (sungguh bikin jantung copot). LAwan kita tidak bisa diremehkan semuanya pintar dan trampil hanya keberuntunganlah yg bisa kita pegang saat itu jika kita mau menaikan peringkat lagi.

Alhasil sampai putaran lomba terakhir tune EFI dan mekanisme mesin Anggit menutup dan menyelesiakan lomba yg nampaknya dewi keberuntungan belum dipihak kita dan tidak bisa diselesaikan dengan sempurna, persiapan yg kita lakukan sebelumnya belum membuahkan hasil, mobil yg kita sediakan guna menunjang lomba belum sepenuhnya kita menafaatkan guna memenuhi tuntunan juri lomba, dan peringkat 18 Anggit bisa mempertahankan posisinya dari 56 peserta LKS tahun ini. Alhamdulillah target kita terpenuhi, Insya Allah tahun depan kita tingkatkan lagi peringkat ini sebagai dasar Standart Mutu dari Pedoman Mutu jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Muh 3 Yk.

Penulis: Achsan_M

Halooo....lem kenal semua,,Achsan panggilanku,mencoba untuk membagi ilmu, sharing ilmu, dan mendapatkan tambahan ilmu tentunya..semoga postingku bisa bermanfaat dan bisa membuat temen-temen semua menjadi manusia yang produktif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s